Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar

Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar


Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar
Tips ini sangat berguna juga untuk SEO, bagi sobat blogger saya sarankan untuk harus memahami fungsi dari custom robot header tags untuk mendapatkan hasil di halaman SERP. Karena itu saya akan membuat artikel tentang cara mengaktifkan dan setting Custom Robot Header Tags di blogger yang benar. Baik cara Setting Custom robot.txt maupun setting custom robot header tags di blogger yang benar, keduanya sangat penting untuk SEO.

Langsung saja ikuti langkah - langkahnya 

1.       Pertama, masuk ke blogger dan masuk dasbor, Pilih blog yang akan di setting custom robot header tags.

2.      Klik Settings – Search Preferences “Crawlers and indexing”

Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar


3.      Sobat harus mengaktifkan fitur ini dengan menekan tombol “YA” Lihat gambar di bawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar

4.      Ini yang harus sobat setting dengan benar, saya akan menunjukan Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar. Langkah ini adalah yang terpenting dari setting custom robot header tags.

Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar

5.      Saya sarankan sobat untuk mengikuti settingan di gambar atas agar memiliki pengaturan optimal unutk custom robot header tags . jika sobat amati settingan ini dibagi menjadi tiga bagian (Homepage, Archive and Search pages, dan Default for Posts and Pages). Jika sobat sudah mensettingnya lalu tekan save changes.

Penjelasan dari settingan “Homepage, Archive and Search pages, dan Default for Posts and Pages”


  1. Homepage: Homepage atau Beranda adalah halaman terpenting blog sobat. Untuk alasan ini, saya tidak memblokir apapun di Homepage dari crawler mesin pencarian. Namun, beberapa persepsi mungkin ditemukan menggunakan “noimageindex” untuk Homepage. Menurut saya tidak perlu karena Goole memahami stuktur blog dan Homepage.
  2. Archive and Search pages: Archive and Search pages adalah halaman yang dibuat otomatis yang mewakili beberapa informasi dari postingan blog sobat. Halaman ini sebenarnya sangat penting untuk sipengunjung blog sobat jika blog sobat menggunakan navigasi ini. Menurut saya, jika sobat mengizinkan Search Engine mengindeks halaman ini konten yang sama akan menyebabkan masalah duplikat konten.
  3. Default for Posts and Pages: Sobat dapat mengendalikan aktivitas robot di bagian terpenting blog sobat yaitu postingan blog di bagian ini. Alasan membuat konten yang bagus adalah membiarkan orang – orang menemukan hasil kerja sobat melalui Search Engine

Pahami Custom Robot Header Tags di Blogger


Sobat  telah mengaktifkan dan setting Custom Robot Header Tags di blogger yang benar dari bagian diatas dari post ini, Sekarang saatnya penjelasan tentang tag tersebut untuk memahami apa yang sebenarnya kita lakuknan saat ini dan mengapa?.

Daftar Custom Robot Header Tags blogger

Yuk kita pelajari fungsi dan cara kerja Custom Robot Header Tags

  1. all: Fitur ini akan memungkinkan crawler search engine mengunjungi dan menemukan setiap elemen blog Anda. Karena itu, jika Anda mengaktifkan fitur ini, Anda akan memberikan kebebasan penuh kepada crawler untuk mengindeks semuanya.
  2. noindex: Fitur ini diberikan untuk blog pribadi atau private. Opsi ini berguna bagi blogger yang hanya ingin menumpahkan hasil tulis mereka untuk diri sendiri.
  3. nofollow: penggunaan tag ini secara tidak tepat dapat meningkatkan atau menurunkan peringkat di search engine blog sobat.
  4. none: Jika Sobat ingin menerapkan tag noindex dan nofollow secara bersamaan, sobat dapat mengaktifkan fitur ini. Ini akan mencegah crawler mesin pencari melakukan pengindeksan dan mempertimbangkan link outbound dofollow.
  5. noarchive: Fitur ini diberikan untuk mengontrol izin search engine cache. Biasanya, mesin pencari mengumpulkan versi cache dari halaman web sobat dan menampilkannya di halaman hasil search engine (SERP). Sebenarnya, cache adalah salinan laman web sobat yang sering diperbarui digunakan untuk melayani situs web sobat saat downtime oleh mesin telusur.
  6. nosnippet: Hampir setiap hasil pencarian mencakup cuplikan kecil pada SERP. Ini membantu orang untuk mendapatkan ide tentang konten halaman web. Namun, mengaktifkan fitur ini akan mencegah mesin pencari menampilkan potongan teks tersebut.
  7. noodp: ODP singkatan dari "Open Directory Project" seperti Dmoz. Sebenarnya, sobat bisa mencegah penambahan informasi situs sobat di sini dengan mengaktifkan fitur ini.
  8. notranslate: Pilihan ini akan memungkinkan sobat untuk menonaktifkan translate “terjemahan blog”.
  9. noimageindex: Mengizinkan opsi ini akan mencegah search engine mengindeks gambar blog sobat. Menurut pendapat saya, bijaksana lah untuk menggunakan fitur ini dengan hati-hati. Karena gambar adalah bagian utama dari blogging dan bisa meningkatkan trafik organik blog sobat.
  10. unavailable_after: Jika Anda ingin deindex blog Anda setelah jangka waktu tertentu, Anda dapat memeriksa opsi ini.

Terima kasih sudah membaca postingan saya "Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar". Jangan ragu untuk mengirim saya setiap komentar dan saran

Bagikan

Jangan lewatkan

Cara Mengaktifkan dan Setting Custom Robot Header Tags di Blogger Yang Benar
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.